Berwisata ke Pulau Untung Jawa

wpid-2012-11-15-10-04-08

Pulau Untung Jawa. Merupakan salah satu bagian dari kepulauan seribu yang memiliki pemandangan yang indah. Pulau Untung Jawa merupakan pulau yang tidak begitu populer apabila dibandingkan dengan pulau – pulau di kepulauan seribu lainnya seperti pulau pari dan juga pulau tidung. Untuk menuju ke pulau untung jawa, bisa melalui tiga dermaga. Diantaranya Muara Angke, Tanjung Pasir, dan Juga Rawa Saban.

Pada waktu pertama kali saya menginjakan kaki di pulau untung jawa, saya melihat pemandangan yang bagus, diantaranya hutan mangrove yang ada disana. Sayangnya, saya melihat tumpukkan sampah yang sangat tidak beraturan. Pulau untung jawa masih terhitung sempit, karena luasnya hanya 40,10 Ha dan berpenduduk kurang lebih 1700 jiwa. Sebagian besar tanah di pulau untung jawa ini, masih hutan, jadi untk berjalan mengelilingi pulau, memakan waktu yang tidak begitu lama.
1

3
Pada waktu itu, malam takbiran, sebelum lebaran 2013, saya diajak oleh rekan kampus saya di Universitas Gunadarma, yaitu Alvin Timothius untuk pergi memancing ikan di pulau untung jawa. Perjalanan dimulai dari warakas, tanjung priuk menuju ke tangerang. Kurang lebih memakan waktu satu setengah jam sampai ke tangerang, tanjung pasir. Setelah itu kami menyeberang dengan menggunakan kapal ikan. Tarif menyeberang ke untung jawa hanya 10rb rupiah. Karena jarak yang tidak begitu jauh menuju ke lokasi, dan hanya memakan waktu setengah jam perjalanan.

5

Setelah sampai di lokasi, saya langsung menuju ke dermaga untuk beristirahat sejenak, dan melanjutkan kegiatan memancing ikan. Kami tidak menyewa rumah penduduk, melainkan kami hanya tidur di pinggir dermaga diselimuti angin laut dan juga rembulan malam di pinggir pantai.

5 respons untuk ‘Berwisata ke Pulau Untung Jawa’

    • antoniuspsk Februari 12, 2015 / 3:29 PM

      Iya keren banget bro memang beda dengan kepulauan seribu yang lain, ini cocok banget buat yang low budget dan suka mancing di laut ^_^.

      Suka

      • alampangandaran.com Februari 12, 2015 / 9:13 PM

        wow..lom banyak yg tau tuh soal lokasi yg satu itu. thanks for sharing

        Suka

      • antoniuspsk Februari 12, 2015 / 9:18 PM

        Boleh lah ya kapan kapan kami main ke pangandaran, sepertinya mengasyikan di sana 😀

        Disukai oleh 1 orang

      • alampangandaran.com Februari 12, 2015 / 9:20 PM

        kabarin deh kalo mau maen ke pangandaran…ntar di siapin gelar karpet merah buat nyambut kalian 😉

        Suka

Tinggalkan komentar